Home » , , » PERBANKAN : ACCOUNT OFFICER (Mengelola account, produk, kredit, penjualan dan profitability)

PERBANKAN : ACCOUNT OFFICER (Mengelola account, produk, kredit, penjualan dan profitability)

ACCOUNT OFFICER

Sejak deregulasi perbankan diluncurkan pemerintah, terutama sejak Pakto 27, pasar perbankan Indonesia bergeser dari seller's market menjadi buyer's market yang ditandai dengan pertumbuhan kapasitas perbankan yang jauh lebih cepat dari pertumbuhan pasar. Dalam kondisi seperti itu, maka pandangan marketing (marketing point of view) diperlukan untuk memenangkan persaingan. Cara kerja yang tradisional (mengharapkan nasabah mendatangi bank) harus ditinggalkan bila bank tidak ingin kalah dalam kancah pertempuran perbankan. Pada pandangan pemasaran, usaha-usaha selalu ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, artinya :

  • Bank akan berusaha mengidentifikasi kebutuhan nasabah ;
  • Kemudian Bank akan merancang suatu paket produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut ;
  • Dengan demikian, nasabah akan memperoleh kepuasan dalam hubungan dengan Bank ;
  • Dari kepuasan tersebut Bank akhirnya memperoleh keuntungan (laba).
Perlu diketahui bahwa setiap nasabah dapat memiliki kebutuhan yang khusus, dengan demikian juga membutuhkan paket produk yang khusus pula. Untuk merancang paket-paket tersebut diperlukan personil-personil yang khusus pula, yang memiliki kemampuan untuk itu. Personil tersebut harus juga dapat membela Bank agar tetap sesuai  (konsisten) dengan tujuannya dan menciptakan keuntungan untuk Bank. Pada prinsipnya, personil tersebut merupakan perantara antara Bank dan nasabah. Aparat Bank yang dalam melaksanakan pekerjaannya berusaha untuk menciptakan paket produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan nasabah tersebutlah yang dikenal dengan istilah Account Officer (AO). Sebagian bank menamakannya Marketing Officer, ada juga yang menggunakan istilah Business Officer. Semua istilah tersebut memiliki arti yang sama.

Account Officer memiliki fungsi ganda. Di satu pihak ia merupakan personil Bank yang harus bekerja dibawah peraturan dan tujuan Bank sehingga dapat memberikan hasil kepada Bank, dan di pihak lain ia dituntut untuk memberikan kondisi yang paling baik untuk nasabahnya yang umumnya tercermin dari biaya yang harus dikeluarkan oleh nasabah. Oleh karena itu, seorang AO dituntut untuk mengoptimalkan kedua sisi kepentingan tersebut.

Pada dasarnya, peranan dan fungsi seorang Account Officer adalah :

Mengelola account
Seorang Account Officer berperan untuk membina nasabah agar mendapatkan efisiensi dan optimalisasi dari setiap transaksi keuangan yang dilakukan tanpa meninggalkan tanggung jawabnya sebagai personil Bank.

Mengelola produk
Seperti disebut diatas, seorang Account Officer harus mampu menjembatani kemungkinan pemakaian berbagai produk yang paling sesuai untuk kebutuhan nasabahnya.

Mengelola kredit
Account Officer berperan untuk melakukan pemantauan atas pinjaman yang diberikan kepada nasabah agar nasabah selalu memenuhi komitmen atas pinjamannya. Untuk melaksanakan hal ini, seorang AO harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis nasabahnya.

Mengelola penjualan
Seorang Account Officer pada dasarnya merupakan ujung tombak Bank dalam memasarkan produknya, maka seorang AO juga harus memiliki salesmanship yang memadai untuk dapat memasarkan produk yang ditawarkan.

Mengelola profitability
Seorang Account Officer juga berperan dalam menentukan keuntungan yang diperoleh Bank. Dengan demikian, ia harus yakin bahwa segala hal yang dilakukannya berada dalam suatu kondisi yang memberikan keuntungan kepada Bank.

4 comments:

  1. JAMPOKER Adalah situs Agen Poker Terbaik di Indonesia

    Silakan kunjungi www.jampoker.com

    New member promo 10%

    ReplyDelete
  2. http://freebet388.blogspot.com/search?updated-max=2017-08-28T05:54:00%2B07:00&max-results=1&start=3&by-date=false#.WaV8Hz4jGUl

    FREEBET BOS

    ReplyDelete
  3. Silahkan di klik Anak HITS 2018 biar kami ga ketinggalan zaman di tahun yang trend ini

    ReplyDelete
  4. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
    🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧
    Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete