Home » » Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Akuntansi sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan bagi perusahaan karena dari setiap transaksi keuangan yang terjadi akan dihasilkan laporan keuangan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan manajemen.

Akuntansi atau akunting adalah bahasa bisnis yang dapat memberikan informasi mengenai kondisi ekonomi suatu bisnis dan hasil usahanya pada suatu waktu atau periode tertentu.

Banyak sekali pengertian dari akuntansi, American Accounting Asocciation mendefinisikannya sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Dari definisi tersebut, akuntansi (accounting) dapat dilihat sebagai proses identifikasi, pencatatan dan komunikasi terhadap transaksi bisnis dari suatu entitas.

> Identifikasi. 
Identifikasi terhadap transaksi yang terjadi untuk membedakan apakah transaksi tersebut merupakan transaksi transaksi bisnis atau  non-bisnis. Transaksi bisnis (business transaction) adalah kejadian atau kondisi yang secara langsung mempengaruhi kondisi keuangan tau hasil operasi suatu entitas.



> Pencatatan
Pencatatan secara kronologis dan sistematis terhadap semua transaksi bisnis yang sudah diidentifikasi.

> Komunikasi
Pelaporan dan distribusi laporan keuangan yang sudah dicatat kepada pihak yang memerlukan dan berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut.

Entitas ekonomi (economic entity) itu sendiri dapat berbentuk perusahaan, lembaga pendidikan, yayasan dan sebagainya. Dalam Posting kali ini, penulis akan menggunakan entitas ekonomi dengan istilah perusahaan.


Jenis-Jenis Perusahaan

Terdapat banyak sekali definisi tentang perusahaan. Secara umum, Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi dimana sumber daya (input) diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) bagi pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah pelanggan yang yang membeli barang atau jasa untuk mendapatkan manfaat dari pembelian barang atau jasa tersebut.

Dari sedikit penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa sebuah aktivitas bisnis kecil maupun besar yang menghasilkan produk atau jasa dari sumber daya yang dimiliki untuk dijual kepada pelanggan dapat disebut sebagai perusahaan.

Jadi, jika Anda memiliki usaha pembuatan handycraft, toko kelontong atau bengkel yang menjual jasa perbaikan motor, maka organisasi bisnis ini dapat disebut dengan perusahaan.

Secara umum, tujuan dari kebanyakan perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa tersebut - kendati banyak juga perusahaan nirbala yang tidak bertujuan mencari keuntungan.

Dalam perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan, terdapat beberapa jenis perusahaan yang secara umum dapat dibagi menjadi perusahaan jasa (service), perusahaan dagang (merchandising) dan perusahaan manufaktur (manufacturing).

Perusahaan Jasa

Dalam perusahaan jasa, perusahaan tidak memproduksi dan menjual barang, tetapi menjual jasa kepada pelanggan. Karena jasa bersifat abstrak, maka perusahaan jasa tidak memiliki persediaan dan biaya penjualan. Pendapatan yang diperoleh dari penjualan jasa tidak disebut sebagai penjualan, melainkan disebut dengan pendapatan jasa.

Penginapan, persewaan mobil, koperasi dan warung internet adalah beberapa contoh perusahaan jasa.

Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang tidak memproduksi barang tetapi menjual barang yang dihasilkan dari perusahaan lain. Dengan karakteristik ini, maka pendapatan akan diperoleh dari pembelian dan penjualan barang dagangan. Perusahaan harus membeli barang terlebih dahulu untuk dijual kepada pelanggan.

Toko buku, butik pakain, dan toko telpon seluler adalah beberapa contoh perusahaan dagang.

Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada pelanggan. Dalam perusahaan jenis ini, terdapat proses produksi yang mengubah input dari sumber daya yang dimiliki media output.

Perusahaan pembuat sepatu dan konveksi adalah beberapa contoh perusahaan manufaktur.

6 comments:

  1. Siip Gan..

    Kunjung Balik, http://pemudakayong.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Akuntasi ...
    saya pernah belajar akuntansi ini sob...
    salam kenal ya

    jika berkenan follow http://infoejaman.blogspot.com
    :)

    ReplyDelete
  3. makasih infonya sob
    jado nambah ilmu baru nih

    ReplyDelete