Home » » Cara membuat surat lamaran kerja

Cara membuat surat lamaran kerja

Cara membuat surat lamaran kerja : Membuat surat lamaran kerja untuk sebuah lowongan pekerjaan  sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal membuat surat lamaran kerja dengan menyesuaikan ketersediaan lowongan kerja dengan kualifikasi dan kemampuan diri anda dengan bahasa yang sopan dan tepat sasaran serta mudah dimengerti.


Sebelum membuat surat lamaran kerja, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan agar hasilnya lebih baik dan peluang diterima jauh lebih besar diantaranya :



  1. Membuat surat lamaran kerja menggunakan komputer atau mesin tik memang jauh lebih bagus dan rapi. Namun sebaiknya surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat atau ditulis dengan tangan sendiri.
  2. Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam hal penilaian terhadap kepribadian Anda.
  3. Buatlah suarat lamaran kerja yang lengkap. Lengakap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta perusahaan tempat dimana Anda melamar pekerjaan tersebut sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas photo ukuran 4x6, foto copy sertifikat/khusus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.
  4. Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong, tunjukan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu.
Untuk melengkapi, berikut ini ada sebuah format contoh surat lamaran kerja sebagai referensi untuk Anda :

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth, .....
Ibu/Bapak Personalia
PT. .......
Jl. .... No. ....
Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. ..... yang termuat di harian Republika tanggal ...... Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. .....

Data singkat saya, sepertiberikut ini :
Nama                   :
Tempat, tgl. lahir    :
Pendidikan Akhir   :
Alamat                  :
Telepon (HP)         :
e-mail                    :
Status Perkawinan :

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, dan dapat berbahasa inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakan pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja menggunakan komputer. Terutama mengoprasikan aplikasi paket MS office, seperti Word Excel, Acces, PowerPoint, Outlook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google Inc.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan : 
1.  Daftar Riwayat Hidup.
2.  Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.  Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.  Pas photo terbaru

Saya berharap Ibu/Bapak bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Ibu/Bapak.

Hormat saya,


Demikian tips kali ini, semoga sukses dengan usahanya dalam mendapatkan pekerjaan yang di inginkan.

1 comments: