Home » » Akuntansi : Neraca (Balance Sheet)

Akuntansi : Neraca (Balance Sheet)

Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukan komposisi aktiva serta pasiva perusahaan pada tanggal tertentu. Aktiva merupakan sisi kekayaan dan investasi dari perusahaan, sedangkan pasiva berisi utang dan modal pemilik.

Sengan begitu, posisi keuangan antara sisi aktiva dan sisi pasiva dapat diformulasikan sebagai berikut :

Aktiva = Pasiva

atau

Kekayaan = Utang + Modal

Neraca untuk seluruh perusahaan baik besar maupun kecil memiliki kategori yang sama dan disusun dalam urutan yang juga sama. Perbedaannya terletak pada rincian yang ada karena neraca dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi masing-masing perusahaan.

Aktiva Lancar

Utang Jangka Pendek
Aktiva  Tetap
Utang Jangka Panjang
Aktiva lain-lain
Modal

Sisi Aktiva disusun berdasarkan urutan likuiditasnya sedangkan sisi Pasiva disusun berdasarkan urutan jatuh temponya. Komponen aktiva yang paling likuid akan berada di urutan paling atas aktiva dan komponen pasiva yang semakin pendek jatuh temponya akan berada di urutan paling atas pasiva.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel sebelumnya :

2 comments:

  1. Makasih gan... Saya jadi tau akutansi... Soal nya jurusan saya manajemen informatika.. Tetapi ada amta kuliah akutansi.. Sangat membantu..

    ReplyDelete
  2. Makasih gan... Saya jadi tau akutansi... Soal nya jurusan saya manajemen informatika.. Tetapi ada amta kuliah akutansi.. Sangat membantu..

    ReplyDelete