Home » » Akuntansi : Pembuatan Laporan Keuangan

Akuntansi : Pembuatan Laporan Keuangan

Setelah transaksi bisnis diidentifikasi dan dicatat, maka disiapkan laporan bagi pihak yang berkepentingan yang disebut dengan laporan keuangan.

Laporan keuangan yang lengkap mencakup Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Perubahan Posisi Keuangan, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan -- termasuk informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Bagi perusahaan perorangan atau kecil, laporan keuangan utama yang perlu dibuat adalah laporan laba rugi dan neraca.

→  Laporan Laba Rugi : Laporan berupa pendapatan dan biaya selama periode wakru tertentu (misalnya           sebulan atau setahun).

→  Neraca : Melaporkan daftar kekayaan, utang dan modal pemilik pada tanggal tertentu (biasanya pada           akhir bulan atau akhir tahun).

Seluruh laporan keuangan tersebut harus diidentifikasi dengan nama perusahaan, jenis laporan dan tanggal (untuk neraca) atau jangka waktu (untuk Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal dan laporan Arus Kas) laporan tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel selanjutnya :

0 comments:

Post a Comment