Home » » Transaksi Bisnis dan Persamaan Akuntansi

Transaksi Bisnis dan Persamaan Akuntansi


Transaksi Bisnis

Setiap perusahaan yang dijalankan pasti terlibat dalam aktivitas yang dinamakan dengan transaksi, baik transaksi keuangan maupun non-keuangan. transaksi keuangan atau transaksi bisnis (business tansaction) adalah transaksi yang dilakukan perusahaan secara langsung mempengaruhi kondisi keuangan atau hasil operasi perusahaan tersebut. Sedangkan transaksi non-keuangan atau non-bisnis adalah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi keuangan atau hasil operasi perusahaan tersebut. Apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap semua transaksi terjadi tersebut?

Dalam akuntasi, perusahaan hanya akan mencatat transaksi bisnis atau keuangan saja. Misalnya, perusahaan harus mencatat pembelian kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang yang dibeli, baik secara tunai maupun kredit.

Seluruh transaksi bisnis yang dilakukan perusahaan ini akan mempengaruhi saldo masing-masing akun menjadi bertambah, berkurang atau bertambah dan berkurang. Dengan kata lain, transaksi bisnis akan menyebabkan perubahan pada persamaan akuntansi yang kemudian harus dicatatdan dan dilaporkan.

Persamaan Akuntansi

Aktiva, Kewajiban dan Ekuitas
Sumber daya yang dimiliki perusahaan disebut dengan kekayaan atau aktiva (assets). Sedangkan hak atau klaim dai suatu properti biasanya dibagi menjadi hak kreditor atau kewajiban (liabilities) dan hak pemilik atau ekuitas (owner's equity).


Aktiva dapat berbentuk fisik maupun hak yang memiliki nilai ekonomis seperti kas (uang tunai), piutang, perlengkapan, biaya dibayar dimuka, bangunan, peralatan, kendaraan, tanah dan hak paten. Kewajiban adalah utang kepada pihak luar (kreditor) seperti utang usaha, wesel bayar dan utang gaji. Ekuitas atau modal pemilik adalah hak pemilik terhadap aktiva bisnis. Untuk perusahaan milik perseorangan, ekuitas pemilik di neraca terlihat dalam saldo akun modal pemilik. Kewajiban dan ekuitas ini masuk dalam kategori Pasiva.

Hubungan antara sumber daya dengan kewajiban dan ekuitas tersebut dapat dinyatakan dalam suatu persamaan akuntansi (accounting equation) sebagai berikut :

Aktiva = Kewajiban + Ekuitas

atau 

Aktiva = Pasiva

Kewajiban diletakan sebelum ekuitas atau modal pemilik karena kreditor memiliki hak terlebih dahulu atas aktiva perusahaan.

Nilai dari komponen yang ada dalam persamaan akuntansi tersebut akan mengalami perubahan seandainya terjadi transaksi bisnis. Perubahan seperti apa yang akan terjadi pada persamaan akuntansi?

Karakteristik Akun
Sebelum mempelajari pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi, ada baiknya kita mengenal dulu istilah akun atau perkiraan atau rekening.

Dalam setiap aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan, selalu terdapat akun (account) atau rekening. Akun berfungsi untuk mencatat kenaikan atau penurunan dari setiap transaksi yang terjadi untuk masing-masing akun. Misalnya, akun kas digunakan untuk mencatat kenaikan atau penurunan kas yang terjadi dari satu atau banyak transaksi.

Akun yang paling sederhana memiliki tiga bagian. Pertama, setiap akun mempunyai judul atau nama transaksi. Kedua, setiap akun memiliki ruang untuk mencatat peningkatan jumlah pos atau item yang bersangkutan. Ketiga, setiap akun memiliki ruang untuk mencatat penurunan jumlah pos atau item yang bersangkutan. Dalam akun T (T account), sisi kiri dinamakan dengan debit (D) sedangkan sisi kanan dinamakan dengan kredit (K).

Penggolongan Akun
Pada pokoknya akun atau rekening-rekening dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu :


  • Akun Neraca
Rekening-rekening yang pada akhir periode akan dilaporkan di dalam neraca. Termasuk dalam rekening ini adalah yang termasuk dalam aktiva, kewajiban dan modal.

  • Akun Laba-Rugi
Rekening-rekening yang pada akhir periode akan dilaporkan didalam Laporan Laba Rugi. Termasuk dalam rekening ini adalah yang termasuk dalam pendapatan dan biaya.

Contoh Latihan : silahkan Anda lihat artikel berikut Contoh Latihan Aktiva dan Pasiva


1 comments: