Aplikasi Akuntansi dengan Menggunakan Ms.Excel : Cara Membuat Daftar Akun
Setelah menentukan akun apa saja yang akan digunakan perusahaan beserta kode atau nomornya, nama dan nomor akun tersebut dapat dibuat dalam Ms.Excel.
Berikut adalah tahapan membuat daftar akun untuk perusahaan dagang :
1. Buatlah sheet daftar akun yang berisi NO AKUN, NAMA AKUN, SALDO AWAL, DEBIT/KREDIT dan KELOMPOK.
Beri nama sheet tersebut dengan nama 1daftarakun.
► SALDO AWAL : Saldo awal.
► Untuk memudahkan proses pencatatan dan perhitungan selanjutnya, tambahkan kolom DEBET/KREDIT dan KELOMPOK.
► DEBET/KREDIT : Posisi saldo normal akun yang ada dan akan digunakan di Buku Besar. Perhatikan bahwa untuk DEBET berisi akun kekayaan (aktiva) dan biaya, sedangkan Kredit berisi akun utang dan modal (pasiva), Penjualan, Harga Pokok Penjualan, Pendapatan Lain-lain dan Biaya Lain-lain.
► KELOMPOK : Posisi akun yang masuk dalam NERACA dan LABA RUGI.
Lihat Tabel Berikut >> Tabel 1daftarakun.
Untuk Lebih Jelas, Silahkan Download Tabel dalam Format Excel >> Contoh 1daftarakun.xlsx
Catatan :
> Untuk keseragaman format sel yang berisi angka, blok area Saldo Awal (D3 sampai D41)
> klik Format > Cells...
> Pilih opsi Accounting pada Category, masukan Decimal places = 0 dan Symbol None.
> Dengan menggunakan kasus perusahaan Sinten Remen, Saldo Awal bisa berisi nominal pada masing-masing akun yang sudah ada seperti gambar berikut :
Baca Artikel terkait : Aplikasi Akuntansi Ms.Excel : Daftar Akun, Aplikasi Akuntansi dengan Menggunakan Ms. Excel : Mendefinisikan Area Kerja
Setelah menentukan akun apa saja yang akan digunakan perusahaan beserta kode atau nomornya, nama dan nomor akun tersebut dapat dibuat dalam Ms.Excel.
Berikut adalah tahapan membuat daftar akun untuk perusahaan dagang :
1. Buatlah sheet daftar akun yang berisi NO AKUN, NAMA AKUN, SALDO AWAL, DEBIT/KREDIT dan KELOMPOK.
Beri nama sheet tersebut dengan nama 1daftarakun.
► NO AKUN : Kode akun yang digunakan perusahaan.
► NAMA AKUN : Nama akun.
► Untuk memudahkan proses pencatatan dan perhitungan selanjutnya, tambahkan kolom DEBET/KREDIT dan KELOMPOK.
► DEBET/KREDIT : Posisi saldo normal akun yang ada dan akan digunakan di Buku Besar. Perhatikan bahwa untuk DEBET berisi akun kekayaan (aktiva) dan biaya, sedangkan Kredit berisi akun utang dan modal (pasiva), Penjualan, Harga Pokok Penjualan, Pendapatan Lain-lain dan Biaya Lain-lain.
► KELOMPOK : Posisi akun yang masuk dalam NERACA dan LABA RUGI.
Lihat Tabel Berikut >> Tabel 1daftarakun.
Untuk Lebih Jelas, Silahkan Download Tabel dalam Format Excel >> Contoh 1daftarakun.xlsx
Catatan :
> Untuk keseragaman format sel yang berisi angka, blok area Saldo Awal (D3 sampai D41)
> klik Format > Cells...
> Pilih opsi Accounting pada Category, masukan Decimal places = 0 dan Symbol None.
Baca Artikel terkait : Aplikasi Akuntansi Ms.Excel : Daftar Akun, Aplikasi Akuntansi dengan Menggunakan Ms. Excel : Mendefinisikan Area Kerja
Makasih gan.
ReplyDeleteSoftware Akuntansi dan Laporan Keuangan murah , Siap Pakai gak ribet
Cek aja di Software Akuntansi
pengelolaan akuntansi dengan hanya mennggunakan excel tidaklah cukup. sekarang kita membutuhkan sebuah aplikasi akuntansi yang dapat memberikan lebih dari sekedar pencatatan.
ReplyDelete