Home » » Akuntansi : Untuk Persediaan Barang Dagangan (Sistem Periodik dan Sistem Prepetual)

Akuntansi : Untuk Persediaan Barang Dagangan (Sistem Periodik dan Sistem Prepetual)

Akuntansi : Untuk Persediaan Barang Dagangan (Sistem Periodik dan Sistem Prepetual)
Dalam akuntansi, terdapat dua sistem pencatatan persediaan barang dagangan yang masing-masing memiliki perbedaan dalam cara pencatatan yaitu sistem periodik (fisik) dan sistem perpetual.


  • Sistem Periodik : Sistem persediaan barang dagangan yang harga pokok barang yang terjual tidak dapat langsung diketahui setiap saat setelah barang terjual, tetapi baru dapat diketahui setelah dilakukan perhitungan secara fisik pada akhir periode.
  • Sistem Prepetual : Sistem persediaan barang dagangan yang harga pokok barang yang terjual dapat langsung diketahui setiap saat setelah barang terjual tanpa harus dilakukan perhitungan secara fisik. Dengan sistem ini, pembelian dan penjualan barang akan dicatat pada akun persediaan.
Karena perusahaan dagang berkaitan dengan persediaan barang dagangan, maka pencatatan transaksi perusahaan dagang juga harus disesuaikan dengan sistem pencatatan persediaan barang dagangan yang dipilih. Dengan demikian, perusahaan harus terlebih dahulu memutuskan sistem mana yang akan digunakan sebelum melakukan pencatatan.

Setiap perusahaan memiliki pilihan untuk menentukan sistem mana yang sebaiknya digunakan. Namun yang jelas, pemilihan sistem yang akan dipakai akan menimbulkan perbedaan dalam cara pencatatan.

Berikut adalah beberapa transaksi khusus perusahaan dagang yang cara pencatatannya bergantung pada sistem persediaan barang dagangan yang digunakan.

1. Pembelian (Tunai, Kredit. Diskon dan Retur)
2. Penjualan (Tunai, Kredit, Diskon dan Retur)
3. Biaya Transportasi (FOB Shipping Point dan Destination)
4. Contoh Tabel Sistem Periodik dan Sistem Perpetual

1 comments:

  1. Software Akuntansi murah.
    cek di http://kementeriankeuangan.com/ . atau kunjungi Software Akuntansi

    ReplyDelete