Home » » Akuntansi : Siklus Akuntansi

Akuntansi : Siklus Akuntansi

Akuntansi Manual dan Sistem Aplikasi Akuntansi

Proses akuntansi diawali dengan menganalisis serta menjurnal transaksi yang akan diakhiri dengan mengikhtisarkan dan melaporkan transaksi. Seluruh aktivitas tersebut dinamakan dengan siklus akuntansi (accounting cycle) dengan hasil akhir terpenting berupa laporan keuangan.

Dalam sistem akuntansi manual, siklus akuntansi dimulai dari adanya transaksi bisnis dengan bukti berupa dokumen sumber (bukti transaksi), pencatatan transaksi dalam jurnal, pencatatan buku besar masing-masing akun, neraca saldo penutupan dan pembuatan laporan keuangan.

Untuk Melihat Gambar Siklus Akuntansi Silahkan Klik >> Gambar Siklus Akuntansi

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak perusahaan tidak lagi melakukan pencatatan akuntansi secara manual, tetapi dilakukan dengan bantuan program komputer atau disebut dengan sistem aplikasi akuntansi.

Pada prinsipnya, siklus akuntansi manual sama dengan siklus akuntansi secara komputer yaitu melalui jurnal, buku besar dan laporan keuangan. Hanya saja dalam sistem akuntansi komputer, proses akuntansi di atas dapat diringkas menjadi lebih singkat melalui siklus berikut karena beberapa proses pencatatan lain sudah secara otomatis dilakukan oleh komputer (program).

Jurnal
Buku Besar
Laporan Keuangan

Dalam postingan ini, siklus akuntansi yang digunakan adalah sistem aplikasi akuntansi secara komputer dengan menggunakan Ms.Excel sehingga siklus yang dipakai hanya pencatatan transaksi bisnis di Jurnal, pemindahan ke Buku Besar dan Pembuatan Laporan Keuangan (Neraca, Laporan Laba Rugi). 

0 comments:

Post a Comment